Akses Informasi Masyarakat melalui SMS Center Bupati ke 08113445999, SMS Malowopati 08113322958, SMS LAPOR ketik BJN [spasi] ISI kirim ke 1708

Artikel

Melalui Gerakan Pramuka, KKN 41 Unugiri Memperkuat Kegiatan Ekstrakulikuler Tingkat Dasar.

30 Juli 2023 04:41:55  Admin Desa  60 Kali Dibaca  Berita Lokal

Unugiri, Jum'at (28/07/2023), Komunitas Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 41 dari Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri (UNUGIRI) kali ini, Mahasiswa KKN memfokuskan untuk memperkuat kegiatan ekstrakulikuler tingkat dasar di SDN 2 Sumuragung melalui Gerakan Pramuka.

Dengan semangat kebersamaan, para mahasiswa KKN 41 Unugiri membina kegiatan Pramuka di SDN 2 Sumuragung untuk memberikan dampak positif bagi generasi muda yang disiplin. Gerakan pramuka bertujuan untuk meningkatkan partisipasi adik-adik dalam kegiatan ekstrakulikuler, seperti kegiatan Pramuka, yang telah terbukti membantu dalam pembentukan karakter, kedisiplinan, dan kreativitas.

Para mahasiswa KKN juga mengajak adik-adik belajar sambil bermain di depan sekolahan. Mulai dari tepuk tangan, bernyanyi sambil memberikan materi, membuat para adik-adik antusias dan semangat.

Melalui Gerakan Pramuka, KKN 41 Unugiri berhasil menarik perhatian para jajaran guru SDN 2 Sumuragung dan mendapatkan dukungan penuh dari pihak orang tua. Kegiatan secara aktif ini, melibatkan adik-adik kelas 1 sampai 6 dan beberapa  stakeholder dalam mendukung keberhasilan program ini.

Hasil positif dari Gerakan Pramuka ini pun tak terelakkan. Partisipasi adik-adik dalam kegiatan ekstrakulikuler meningkat pesat, prestasi akademik dan non-akademik siswa pun ikut meningkat, serta semangat kebersamaan dan kekeluargaan semakin tumbuh di SDN 2 Sumuragung yang terlibat.

Selain manfaat langsung yang diperoleh oleh adik-adik, para mahasiswa KKN 41 Unugiri juga merasakan pertumbuhan diri yang signifikan melalui pengalaman berharga. Adik-adik belajar tentang kolaborasi, dan tanggung jawab dalam menghadapi berbagai tantangan yang muncul selama kegiatan berlangsung.

Keberhasilan Gerakan Pramuka dari KKN 41 Unugiri menjadi inspirasi bagi universitas lain dan masyarakat umum untuk lebih peduli dan aktif dalam memperkuat kegiatan ekstrakulikuler di sekolah tingkat dasar. Salah satu Mahasiswa KKN menyampaikan, "Dengan semangat kebersamaan dan dedikasi, gerakan semacam pramuka dapat terus berkembang dan memberikan dampak positif bagi generasi muda dan masa depan bangsa", tutur mahasiswa kelompok 41. (Lifa & Luluk)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Info Umum

Peta Desa

Aparatur Desa

Sinergi Program

Agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Arsip Artikel