KKN 41 Unugiri telah sukses menyelenggarakan sebuah workshop yang bertujuan untuk merangsang potensi kreativitas lokal masyarakat serta mengembangkan UMKM di wilayah Sumuragung. Workshop ini menghadirkan strategi inovatif dalam menggunakan media sosial dan teknik branding produk guna meningkatkan daya saing UMKM di tingkat lokal maupun nasional. Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 41 Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri (UNUGIRI) pada, Jum'at (18/08/2023) di Pendopo balai desa Sumuragung.
Dengan fokus pada peningkatan keahlian dan pengetahuan, workshop ini membantu peserta untuk memahami pentingnya pemanfaatan media sosial dalam mempromosikan produk-produk lokal mereka. Para peserta diajarkan tentang teknik-teknik branding yang efektif, cara mengoptimalkan platform media sosial, serta strategi pemasaran yang dapat menarik perhatian konsumen.
"Kami sangat berterima kasih kepada KKN 41 Unugiri atas inisiatif luar biasa ini. Workshop ini membantu kami memahami bagaimana memanfaatkan media sosial untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan produk-produk kami," salah seorang pelaku UMKM di Sumuragung.
Selain memberikan wawasan tentang strategi pemasaran modern, workshop ini juga mendukung pertumbuhan potensi lokal masyarakat. Ini adalah contoh nyata kolaborasi yang positif antara akademisi, mahasiswa, dan masyarakat, yang memiliki dampak positif bagi pengembangan ekonomi daerah.
Dalam workshop ini, KKN 41 Unugiri menunjukkan peran penting mahasiswa dalam membantu UMKM lokal meraih kesuksesan. Mereka berperan sebagai fasilitator, pengajar, dan konsultan bagi para pelaku UMKM, menjembatani kesenjangan antara teknologi modern dan pengetahuan tradisional.
Diharapkan bahwa keberhasilan workshop ini akan menjadi langkah awal dalam merangsang pertumbuhan UMKM serta menghidupkan kembali kreativitas lokal di Sumuragung. Kolaborasi semacam ini memainkan peran penting dalam membangun ekosistem yang kuat untuk pengembangan ekonomi lokal yang berkelanjutan. {Lifa}